Q&A: AGAR MENDAPATKAN ILMU DI SEBALIK UJIAN (2)

Sahry Ramadhan : Assalamualaikum. Ustad mau tanya. Nabi Yakub sudah diberi paham oleh Allah SWT, bahwa takdir Nya Nabi Yusuf as anaknya, akan menerima ujian musibah atas kedengkian saudara-saudaranya ya ustad. Sehingga tindakannya melarang yusuf lebih awal menceritakan mimpi-mimpinya.

Apakah melarang untuk menceritakan mimpi ini sama maknanya dengan No. 4 “Perhatikan dari Pintu Belakang ke arah mana Takdir membawa genjutan [ujian atau pukulan] bagi diri yusuf as, dan dirinya nabi yaqub ustad ?

Ustadz Hussien Abd Latiff : Di sini Nabi Yakub as udah turun Pintu Depan cuba membantu Nabi Yusuf as.

Apabila dia sedar dia tidak dapat membantu kerana genjotan [ujian] udah berlaku maka dia naik kembali ke Pintu Belakang. ROC dan perhatikan arah tujuan Takdir serta yakin ada hikmah disebalik genjotan [ujian] itu.

Di samping itu mendapat ilmu (kesabaran taraf tinggi hingga buta)dan redha.

Yusdeka putra : Oh ya…, alhamdulillah terima kasih Ayah. Disini ternyata clue nya. GENJOTAN [ujian] , naik pintu belakang, Roc, perhatikan arah tujuan takdir, tunggu hikmah, dapat ilmu kesabaran tingkat tinggi dan keredhaan.

Tapi seringkali pula ada tarikan untuk turun padang yang sangat kuat Ayah. Karena di padang itu ternyata ada juga nikmat “pengakuan” menanti. Namun sekarang tarikan untuk turun padang itu sudah banyak berkurang, alhamdulillah..

Ustadz Hussien Abdul Latiff : Alhamdulillah, semoga tarikan itu menjadi nol.

Sahry Ramadhan : Ustad, lanjut.Apa makna setelah melalui urutan (5) menjadi Yakin dan semua yangberlaku berhikmah, ada bagian tahapan (6) Iqra dan Ridha? Apakah tarikan maju turun padang atau mundur ROC yang bisa berulang sebagaimana yg digambarkan oleh Pak Yusdeka, ini manandakan kita belum bisa melampaui tahapan (5) Yakin ? Mohon pencerahan lanjut ustad

Ustadz Hussien Abdul Latiff : Ini jawapannya Sahry –> “Syofian Husain : Harus sesekali kita praktikkan, setiap ada goncangan pada hari2 yg kita lalui, cepatlah alihkan atau pokus, ke pintu belakang. Nanti kita akan terbiasa”

Sahry Ramadhan : Terima kasih ustad atas jawaban dan sekaligus contoh praktek pengalaman pribadi pak syofian.

Ustadz Hussien Abdul Latiff :  Yakin dengan haqqul yakin bahawa disebalik genjotan itu ada hikmah. Perhatikan (belajar)arah tujuan takdir sehubungan dengan genjotan itu, insya-Allah kita akan mendapat ilmu atau kebaikan atau keadilan dan sebagainya. Apa jua hikmah kita diberi atau dapat hendaklah kita redha.

Artikel sebelumnya :


Catatan: Artikel tanya jawab ini diperuntukkan bagi yang sudah memahami kajian Makrifatullah. Apabila ada diantara pembaca yang belum memahami, harap terlebih dahulu membaca SILABUS KAJIAN dan mengikuti dengan runut pembahasan satu per satu sejak awal.

YAMAS

Yayasan Makrifatullah Sedunia (YAMAS) - Indonesia

You may also like...

1 Response

  1. Farhan says:

    Dahulu Ustaz mengatakan kesemua element utk ber roc itu sebagai “pandang satu”. Selagi kita tak menyatukan kesemua element itu menjadi satu maka kita akan terpandang bilangan element yg disampaikan ustaz berpisah2 dan banyak bilangannya, maka kemungkinan itulah penyebab mengapa banyak yg sukar utk roc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *